Senin, 05 April 2010

Pengelompokan komputer

Awalnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang digunakan sebagai penyimpanan data pada komputer. Komputer yang memiliki memori berupa RAM (random access memory) atau ROM (read only memory) sebesar 512kb – 1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan tersebut sudah tidak tepat lagi karena komputer berukuran kecil, seperti PDA(personal digital assistand ) sudah banyak yang memiliki ram lebih besar dari 1mb(1mb =1.024 kb). oLeh karena itu, pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan kemampuan pengolahan data. Komputer juga dapat digolongkan berdasarkan fisik, system operasi, dan jenis data yang diperoleh.

Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya, komputer dikelompokan menjadi beberapa bagian, mainframe, minicomputer, dan microcomputer.


a. Main frame merupakan komputer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor sehingga berukuran besar pula. Sehingga komputer semacam ini ditujukan untuk banyak pengguna. Mainframe dapat membagi memory beberapa pemakaian dan dapat menggunakan program ini biasanya digunakan pada perusahaan dan universitas berskala besar dan kantor pusat penerbangan nasional. Supercomputer merupakan mainframe tercanggih yang mempu melakukan proses penghitungan yang sangat kompleks.

b. Mini komputer merupakan bentuk mini dari komputer miniframe. Yang memiliki beberapa banyak prosesor. Mini komputer ini ditunjukan untuk perusahaan yang cukup besar. Minicomputer biasanya digunakan sebagai antarmuka antara mainframe dan jaringan komputer . tetapi saat ini mini komputer makin jarang digunakan karena fungsinya diganti oleh PC yng lebih canggih.

c. Personal komputer atau komputer mini adalah komputer yang berukuran relative kecil dan ditujukan untuk satu pemakai, komputer ini terdiri atas monitor, keyboard, mouse, dan CPU, cpu adalah prosesor berupa chip silicon yang berfungsi mengelolah data.perangkat penyimpanan data dan perangkat tambahan dipasang didalam kotak yang disebut casing atau chasing. Komputer jenis ini paling banyak digunakan, baik itu dirumah, dikantor, lembaga kursus, sekolah dan lain lain. dengan menghubungkan pc satu dengan pc yang lainya untuk membentuk jaringan, PC dapat menandingi kemampuan mainframe dan minicomputer, PC dapat berbentuk tower atau desktop.


d. Komputer portable adalah komputer uang berukuran lebih kecil dari pada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering berpergian, pengembangan terbaru memungkinkan komputer yang seukuran telapak tangan, misalnya desknote, notebook, subnotebook, dan palmtop.



Berdasarkan jenis data yang diolah komputer dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu analog, digital hybrid


a. Komputer analog digunakan untuk mengelolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata bekerja secara continue dan pararel.. contohnya, komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur kelembapan dan suhu

b. Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaiut huruf, angka, kombinasi huruf dan angka. Serta karakter karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik. Salah satunya adalah PC(personal komputer)

c. Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan dengan digital, contohnya faksimili.

0 komentar: